Langsung ke konten utama

Kampanye ‘Ingat Pesan Ibu’ di Masa Pandemi Covid-19

Kampanye ‘Ingat Pesan Ibu’ di Masa Pandemi Covid-19 

Oleh : Yosephine Clarisa Tasya

 Pada Era Digital saat ini perkembangan pada teknologi infomasi dan komunikasi telah berkembang begitu cepat. Pemanfaatan teknologi ini menjadi telah menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah di berbagai bidang. Kemunculan teknologi ini dimanfaatkan pada bidang kesehatan untuk berbagai hal seperti menyebarkan informasi kesehatan, meningkatkan layanan kesehatan, pengobatan jarak jauh, alat-alat kesehatan, dan meluncurkan aplikasi kesehatan. Pada era seperti sekarang masyarakat telah menjadi akrab dengan teknologi sehingga layanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien. Namun semenjak pandemi Covid-19, keadaan telah banyak mengalami perubahan. Untuk menanggapi keadaan pademi saat ini berbagai elemen seperti pemerintah, tenaga kesehatan, Satuan Gugus Tugas Covid-19, dan masih banyak lagi saling bahu membahu untuk terus menekan angka kasus Covid-19. Teknologi informasi dan komunikasi sangatlah penting untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tentunya dalam menyampaikan sebuah pesan kesehatan diperluhkan strategi komunikasi yang tepat agar nantinya tujuannya dapat tercapai.

 Dalam komunikasi kesehatan diperkenalkan salah satu teori yaitu Reinforcement Theory yang membahas mengenai perubahan sikap audiens yang akan dihasilkan dari penguatan atensi, kelengkapan pesan, dan keberterimaan audiens. Dalam hal ini, Satuan Gugus Tugas Covid-19 memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai strategi komunikasi untuk menyebarkan kampanye ‘Ingat Pesan Ibu’ bersama Padi Reborn. Kampanye ini tentunya diharapkan dapat menjadi sarana penyebaran informasi dan pengingat kepada masyarakat Indonesia. Karena adanya pembatasan sosial masyarakat, kampanye dilakukan pada media massa seperti media konvensional seperti televisi dan media sosial seperti Youtube. Kampanye tersebut memiliki atensi yang sangat kuat dikarenakan pesan disampaikan dalam bentuk lagu yang dinyanyikan sehingga kampanye tersebut menarik perhatian masyarakat. Selain itu, penggunaan Padi Reborn sebagai Key Opinion Leader (KOL) ini dapat semakin menarik masyarakat dikarenakan mereka merupakan public figure. Sesuai dengan keadaan masa pandemic Covid-19, pesan dalam video tersebut mengenai gerakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak yang sangat jelas pada lirik lagu tersebut. Kampanye tersebut disampaikan kepada masyarakat Indonesia yang memiliki berbagai macam latar belakang sehingga kampanye ini mengambil tokoh yaitu ibu dikarenakan ibu selalu memberikan pesan kepada anaknya dan diharapkan masyarakat juga patuh akan protokol kesehatan yang telah diterapkan.

 Kesehatan telah menjadi hal yang sangat penting pada masa pandemic Covid-19 ini. Situasi pandemi ini telah menjadi permasalahan bersama yang harus segera diselesaikan. Berbagai upaya telah dilakukan salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi. Dengan menentukan strategi komunikasi yang tepat, pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah bersama Satuan Gugus Covid-19 menyampaikan pesan Gerakan 3M melalui kampanye ‘Ingat Pesan Ibu’ bersama Padi Reborn agar seluruh masyarakat dapat menyadari dan mengingat pentingnya melakukan Gerakan 3M sebagai upaya pencengahan Covid-19. Mari bersama lindungi anda dan keluarga dari virus corona. 


Referensi : https://www.beritasatu.com/kesehatan/682703/lewat-pesan-ibu-padi-reborn-putusrantai-covid1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Aja Sih Perubahan Content Creator Masa Kini?

  Perubahan Individu Content Creator di Era Digital Oleh : Yosephine Clarisa Tasya K.P Perkembangan teknologi digital ini telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Perkembangan di Era Digital ini menjadikan internet menjadi salah satu alat komunikasi yang diminati oleh masyarakat. Internet sebagai salah satu hal yang mempengaruhi media secara signifikan. Internet membuat media konvensional beralih ke media digital. Platform digital ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan media konvensional. Platform digital ini membawa peluang untuk berkomunikasi dua arah. Perubahan yang paling dapat kita rasakan adalah perubahan pada media komunikasi. Pada saat ini media bisa berhubungan langsung dengan konsumennya. Dengan media kita bisa mengetahui secara langsung terhadap apa yang diinginkan oleh konsumennya dan menyediakan konten sesuai dengan minat atau tren yang marak di kalangan konsumen. Dalam hal ini perusahaan media bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumennya melalui

Sudut Cerpen : Mimpi Audrey

  Mimpi Audrey Oleh : Yosephine Clarisa Tasya                     Di kala ayam sudah berkokok itulah pertanda malam segera usai dan sang fajar akan segera datang dengan cahaya yang segera menyingsing. Cahaya itu menulusup melalui celah-celah daun hingga masuk   ke dalam rumah untuk memberikan kehangatan dan membangunkan setiap insan dari dinginnya malam. Hembusan udara dingin masih tersisa juga masuk ke dalam ruangan-ruangan dalam rumah. Udara dingin masuk melalui celah dibawah pintu setiap ruangan yang ada dalam rumah. Udara dingin itu menyapa dengan lembut setiap insan yang masih terlelap. Cicit cuit…… cicit cuit…….Terdengar kicauan burung nan merdu yang sedang meraya di angkasa yang turut mengusik orang dari tidurnya. Kring… Kring…. Terdengar suara denting alarm yang sangat kencang membangunkan keluarga Audrey terutama ibu Audrey. Tepat pada pukul 05.30 mereka pun perlahan membuka mata dan bergegas untuk segera bangun dari tempat tidurnya kecuali Audrey, si kecil yang susah se