Langsung ke konten utama

Intip Konten-Konten Beauty Influencer, Jharna Bhagwani Kuy!


Sumber : Suara.com

Jharna Bhagwani merupakan salah satu beauty influencer yang pada tahun 2020 viral karena karyanya yaitu Lathi Challenge.  Dalam video Lathi Challenge, Jharna mengubah rupanya yang semula gadis angun berbalutkan busana adat Jawa dan berubah menjadi sosok yang menyeramkan dengan menggunakan backsound lagu Lathi karya Weird Genius dan Sara Fajira. Lathi Challenge ini telah diikuti oleh banyak orang hingga sampai ke luar negeri. Berkat karyanya yang viral tersebut Jharna juga bertemu langsung dengan Sara Fajira yang seorang penyanyi lagu Lathi dan membuat konten bersama pada kanal Youtube-nya.

Jharna Bhagwani ini masih berusia 18 tahun dan telah menyukai dunia kecantikan sejak masih kecil. Gadis cantik ini belajar make up secara otodidak dan terus mengeksplor kemampuannya dalam dunia kecantikan. Berkat kemampuan yang dimilikinya sekarang ia telah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti endorsement produk make up dan kecantikan. Jharna Bhagwani ini memiliki ciri khas dalam konten-konten yang ia buat salah satunya adalah make up dengan karakter tertentu yang selalu menakjubkan.  Video yang dibuatnya selalu kreatif dan mengusung tema tertentu yang selalu menjadi sorotan publik.  Beberapa video yang diunggahnya di Instagram memerankan karakter Frozen, Power Puff Girls, Badut, dan Barbie.

                                                     Sumber : Instagram Jharna Bhagwani

Konten-konten yang dibuat oleh Jharna selalu menarik perhatian saya karena kebanyakan video yang dibuatnya selalu memiliki kejutan disetiap transisi video dan make up karakter selalu unik dan masih sedikit beauty influencer yang memiliki konten seperti ini. Video yang berdurasi pendek tersebut tentunya membutuhkan ketekunan dan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena harus berganti beberapa bagian make up atau karakter dalam setiap transisi. Konten yang dibuat pun sangat ringan dan cocok bagi penggemar make up dan yang sedang belajar make up. Tidak hanya video, konten berupa foto biasanya menunjukan hasil dan detail make up yang dibuatnya. Gadis keturunan India-Indonesia ini telah diundang ke beberapa konten Youtube artis untuk berkolaborasi salah satunya adalah poadcast Deddy Cobuzier dan Nebeng Boy milik Boy William. Dari konten tersebut yang paling menarik perhatian adalah saat Jharna ada di Nebeng Boy. Pada konten tersebut tidak sekedar duduk dan mengobrol saja di mobil melainkan Jharna dan Boy William berganti karakter pada setiap transisi video. Bisa dikatakan video tersebut adalah salah satu konten yang paling niat dan dilakukan dengan effort yang paling tinggi.

Jharna Bhagwani ini memiliki empat media sosial yang digunakan untuk mengunggah konten-kontennya yaitu Instagram, TikTok, Youtube, dan Twitter.  Konten pada seluruh media sosial tersebut di kelola oleh Jharna sendiri baik dalam proses perencanaan, pembuatan, hingga implementasi konten. Pada kanal Instagram, TikTok, dan Twitter biasanya konten yang diunggah sama sedangkan pada kanal Youtube konten yang diunggah biasanya tutorial make up yang membutuhkan durasi lebih lama.



Sumber : Instagram Jharna Bhagwani

Yang pertama adalah akun Instagramnya. Jharna Bhagwani yang memiliki 3,5 juta followers dan 465 postingan. Sering kali tidak hanya mengunggah konten video saja melainkan foto diri dan rutinitas yang ia lakukan. Akun Jharna Bhagwani ini telah verified oleh Instagram. Instagram mejadi salah satu media sosial yang paling aktif ia gunakan untuk mengupload konten-kontennya serta branding diri sebagai beauty influencer. Dengan begitu dapat dikatakan kepemilikan media ini adalah owned media karena konten yang diproduksi adalah murni kreativitas Jharna dan dikelola oleh dirinya sendiri. Selain itu pada media sosial Instagram ini biasanya digunakan untuk mengunggah konten-konten endorsement yang berisikan juga review produk seperti ada pada gambar diatas ini sehingga kepemilikan medianya berubah menjadi earn media.




Sumber : TikTok Jharna Bhagwani

Yang kedua adalah akun TikTok Jharna Bhagwani yang memiliki 9,7 juta followers dan lebih dari 20 postingan video. Akun Jharna Bhagwani ini telah verified oleh TikTok. Konten-konten yang dibuatnya di TikTok tidak jauh dengan konten Instagram. Ia selalu aktif meng-upload konten-konten pribadinya mengenai make up. Media ini digunakan untuk membagikan hasil karyanya dengan video yang berdurasi cukup pendek. Biasanya konten-konten di TikTok sama dengan di Instagram hanya saja waktu pengunggahannya yang berbeda. Kontennya berisikan langkah-langkah pengaplikasian make up karakter lebih banyak. Videonya selalu mendapatkan likes yang cukup banyak dari pengguna TikTok karena dengan durasi yang cukup singkat ia dapat membuat video yang luar biasa.  Kepemilikan media ini adalah owned media karena Jharna memproduksi dan mengelola sendiri kontennya serta mengatasnamakan dirinya. Pada media sosial TikTok ini terdapat juga konten-konten seperti review penggunaan produk make up salah satunya adalah video review produk Hanasui yang ada pada gambar diatas. Namun konten-konten seperti review ini jarang sekali ada di TikTok, kemungkinan hanya ada satu atau dua saja. Kepemilikan medianya berubah menjadi earn media ketika video tersebut berisikan review produk dan Jharna sebagai pihak ketiga untuk menyampaikan pesan produk tersebut.


                                                    Sumber : Youtube Jharna Bhagwani

Media sosial ketiga yang digunakan adalah Youtube. Youtube Jharna telah memiliki 400 ribu subscriber. Konten pada kanal Youtube-nya berisikan video tutorial dan review produk saja yang memiliki durasi cukup panjang. Jharna tidak terlalu aktif mengunggah konten ke Youtube dan terakhir mengunggah konten pada Bulan Juli 2020. Kebanyakan konten tersebut dibuat sudah lama dan kurang up to date. Sama seperti media sosial yang lainnya, kanal Youtube ini di kelola sendiri oleh Jharna dan berisikan konten pribadinya sebagai beauty influencer dan dapat dikatakan kanal Youtube ini termasuk owned media. Youtube ini juga memiliki salah satu konten review produk dari NYX Cosmetic. Konten tersebut membuat kepemilikan media berubah menjadi earn media sebab terdapat review produk dari pembuat konten dan penjelasan mengenai produk tersebut.


Sumber : Twitter Jharna Bhagwani

Media terakhir yang digunakan adalah Twitter. Twitter Jharna memiliki 39.700 followers. Dibandingkan dengan ketiga media sosial yang lain, Twitter memiliki followers paling sedikit. Konten-konten yang diupload di Twitter lebih banyak mengenai kehidupan pribadi Jharna dan ada beberapa konten video make up yang ada pada Instagram dan TikTok. Jharna lebih banyak menggunakan Twitter untuk mengungkapkan yang ada pada benaknya dan konten yang dibuatnya sendiri. Dalam mengunggah konten maupun tweet dilakukan oleh Jharna sendiri selain itu kontennya mengatasnamakan pribadi sehingga kepemilikan medianya disebut dengan owned media.

Dari keempat media sosial yang dipergunakan, Instagram dan TikTok menjadi media yang paling efektif untuk konten-konten Jharna Bhagwani ini sebab memiliki followers yang cukup banyak sehingga memiliki jangkauan yang luas dan sesuai dengan target dari konten-kontennya yaitu perempuan dan kemungkinan yang menyukai make up. Kedua media sosial tersebut memiliki fitur untuk mengupload video berdurasi 15 detik hingga 1 menit sehingga pas dengan konten-konten yang sering di upload yaitu video make up dengan durasi singkat. Selain itu pada Instagram dan TikTok ini, Jharna bisa langsung mendapatkan feedback dari followers-nya terkait konten-kontennya dan berinteraksi dengan followers-nya. Pada kedua media sosial tersebut, Jharna lebih bisa mengekspresikan dirinya melalui konten-konten yang dibuatnya dan menyampaikan pesan yang ada pada konten tersebut.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampanye ‘Ingat Pesan Ibu’ di Masa Pandemi Covid-19

Kampanye ‘Ingat Pesan Ibu’ di Masa Pandemi Covid-19  Oleh : Yosephine Clarisa Tasya  Pada Era Digital saat ini perkembangan pada teknologi infomasi dan komunikasi telah berkembang begitu cepat. Pemanfaatan teknologi ini menjadi telah menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah di berbagai bidang. Kemunculan teknologi ini dimanfaatkan pada bidang kesehatan untuk berbagai hal seperti menyebarkan informasi kesehatan, meningkatkan layanan kesehatan, pengobatan jarak jauh, alat-alat kesehatan, dan meluncurkan aplikasi kesehatan. Pada era seperti sekarang masyarakat telah menjadi akrab dengan teknologi sehingga layanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien. Namun semenjak pandemi Covid-19, keadaan telah banyak mengalami perubahan. Untuk menanggapi keadaan pademi saat ini berbagai elemen seperti pemerintah, tenaga kesehatan, Satuan Gugus Tugas Covid-19, dan masih banyak lagi saling bahu membahu untuk terus menekan angka kasus Covid-19. Teknologi informasi dan komunikasi

Apa Aja Sih Perubahan Content Creator Masa Kini?

  Perubahan Individu Content Creator di Era Digital Oleh : Yosephine Clarisa Tasya K.P Perkembangan teknologi digital ini telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Perkembangan di Era Digital ini menjadikan internet menjadi salah satu alat komunikasi yang diminati oleh masyarakat. Internet sebagai salah satu hal yang mempengaruhi media secara signifikan. Internet membuat media konvensional beralih ke media digital. Platform digital ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan media konvensional. Platform digital ini membawa peluang untuk berkomunikasi dua arah. Perubahan yang paling dapat kita rasakan adalah perubahan pada media komunikasi. Pada saat ini media bisa berhubungan langsung dengan konsumennya. Dengan media kita bisa mengetahui secara langsung terhadap apa yang diinginkan oleh konsumennya dan menyediakan konten sesuai dengan minat atau tren yang marak di kalangan konsumen. Dalam hal ini perusahaan media bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumennya melalui

Sudut Cerpen : Mimpi Audrey

  Mimpi Audrey Oleh : Yosephine Clarisa Tasya                     Di kala ayam sudah berkokok itulah pertanda malam segera usai dan sang fajar akan segera datang dengan cahaya yang segera menyingsing. Cahaya itu menulusup melalui celah-celah daun hingga masuk   ke dalam rumah untuk memberikan kehangatan dan membangunkan setiap insan dari dinginnya malam. Hembusan udara dingin masih tersisa juga masuk ke dalam ruangan-ruangan dalam rumah. Udara dingin masuk melalui celah dibawah pintu setiap ruangan yang ada dalam rumah. Udara dingin itu menyapa dengan lembut setiap insan yang masih terlelap. Cicit cuit…… cicit cuit…….Terdengar kicauan burung nan merdu yang sedang meraya di angkasa yang turut mengusik orang dari tidurnya. Kring… Kring…. Terdengar suara denting alarm yang sangat kencang membangunkan keluarga Audrey terutama ibu Audrey. Tepat pada pukul 05.30 mereka pun perlahan membuka mata dan bergegas untuk segera bangun dari tempat tidurnya kecuali Audrey, si kecil yang susah se