Jharna Bhagwani merupakan salah satu beauty influencer yang pada tahun 2020 viral karena karyanya yaitu Lathi Challenge. Dalam video Lathi Challenge, Jharna mengubah rupanya yang semula gadis angun berbalutkan busana adat Jawa dan berubah menjadi sosok yang menyeramkan dengan menggunakan backsound lagu Lathi karya Weird Genius dan Sara Fajira. Lathi Challenge ini telah diikuti oleh banyak orang hingga sampai ke luar negeri. Berkat karyanya yang viral tersebut Jharna juga bertemu langsung dengan Sara Fajira yang seorang penyanyi lagu Lathi dan membuat konten bersama pada kanal Youtube-nya.
Jharna Bhagwani
ini masih berusia 18 tahun dan telah menyukai dunia kecantikan sejak masih
kecil. Gadis cantik ini belajar make up secara otodidak dan terus mengeksplor
kemampuannya dalam dunia kecantikan. Berkat kemampuan yang dimilikinya sekarang
ia telah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti endorsement produk make up dan kecantikan. Jharna Bhagwani
ini memiliki ciri khas dalam konten-konten yang ia buat salah satunya adalah make up dengan karakter tertentu yang selalu
menakjubkan. Video yang dibuatnya selalu
kreatif dan mengusung tema tertentu yang selalu menjadi sorotan publik. Beberapa video yang diunggahnya di Instagram
memerankan karakter Frozen, Power Puff Girls, Badut, dan Barbie.
Konten-konten
yang dibuat oleh Jharna selalu menarik perhatian saya karena kebanyakan video
yang dibuatnya selalu memiliki kejutan disetiap transisi video dan make up karakter selalu unik dan masih
sedikit beauty influencer yang
memiliki konten seperti ini. Video yang berdurasi pendek tersebut tentunya
membutuhkan ketekunan dan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena
harus berganti beberapa bagian make up
atau karakter dalam setiap transisi. Konten yang dibuat pun sangat ringan dan
cocok bagi penggemar make up dan yang
sedang belajar make up. Tidak hanya
video, konten berupa foto biasanya menunjukan hasil dan detail make up yang
dibuatnya. Gadis keturunan India-Indonesia ini telah diundang ke beberapa
konten Youtube artis untuk berkolaborasi salah satunya adalah poadcast Deddy Cobuzier dan Nebeng Boy
milik Boy William. Dari konten tersebut yang paling menarik perhatian adalah
saat Jharna ada di Nebeng Boy. Pada konten tersebut tidak sekedar duduk dan
mengobrol saja di mobil melainkan Jharna dan Boy William berganti karakter pada
setiap transisi video. Bisa dikatakan video tersebut adalah salah satu konten
yang paling niat dan dilakukan dengan effort
yang paling tinggi.
Jharna
Bhagwani ini memiliki empat media sosial yang digunakan untuk mengunggah
konten-kontennya yaitu Instagram, TikTok, Youtube, dan Twitter. Konten pada seluruh media sosial tersebut di
kelola oleh Jharna sendiri baik dalam proses perencanaan, pembuatan, hingga
implementasi konten. Pada kanal Instagram, TikTok, dan Twitter biasanya konten
yang diunggah sama sedangkan pada kanal Youtube konten yang diunggah biasanya
tutorial make up yang membutuhkan durasi lebih lama.
Yang
pertama adalah akun Instagramnya. Jharna Bhagwani yang memiliki 3,5 juta
followers dan 465 postingan. Sering kali tidak hanya mengunggah konten video
saja melainkan foto diri dan rutinitas yang ia lakukan. Akun Jharna Bhagwani
ini telah verified oleh Instagram. Instagram
mejadi salah satu media sosial yang paling aktif ia gunakan untuk mengupload
konten-kontennya serta branding diri sebagai beauty influencer. Dengan begitu dapat dikatakan kepemilikan media
ini adalah owned media karena konten yang diproduksi adalah murni kreativitas
Jharna dan dikelola oleh dirinya sendiri. Selain itu pada media sosial Instagram ini biasanya digunakan
untuk mengunggah konten-konten endorsement yang berisikan juga review produk seperti ada pada gambar
diatas ini sehingga kepemilikan medianya berubah menjadi earn media.
Yang kedua adalah akun TikTok Jharna Bhagwani yang memiliki 9,7 juta followers dan lebih dari 20 postingan video. Akun Jharna Bhagwani ini telah verified oleh TikTok. Konten-konten yang dibuatnya di TikTok tidak jauh dengan konten Instagram. Ia selalu aktif meng-upload konten-konten pribadinya mengenai make up. Media ini digunakan untuk membagikan hasil karyanya dengan video yang berdurasi cukup pendek. Biasanya konten-konten di TikTok sama dengan di Instagram hanya saja waktu pengunggahannya yang berbeda. Kontennya berisikan langkah-langkah pengaplikasian make up karakter lebih banyak. Videonya selalu mendapatkan likes yang cukup banyak dari pengguna TikTok karena dengan durasi yang cukup singkat ia dapat membuat video yang luar biasa. Kepemilikan media ini adalah owned media karena Jharna memproduksi dan mengelola sendiri kontennya serta mengatasnamakan dirinya. Pada media sosial TikTok ini terdapat juga konten-konten seperti review penggunaan produk make up salah satunya adalah video review produk Hanasui yang ada pada gambar diatas. Namun konten-konten seperti review ini jarang sekali ada di TikTok, kemungkinan hanya ada satu atau dua saja. Kepemilikan medianya berubah menjadi earn media ketika video tersebut berisikan review produk dan Jharna sebagai pihak ketiga untuk menyampaikan pesan produk tersebut.
Sumber : Youtube Jharna Bhagwani
Media
sosial ketiga yang digunakan adalah Youtube. Youtube Jharna telah memiliki 400
ribu subscriber. Konten pada kanal Youtube-nya berisikan video tutorial dan
review produk saja yang memiliki durasi cukup panjang. Jharna tidak terlalu
aktif mengunggah konten ke Youtube dan terakhir mengunggah konten pada Bulan
Juli 2020. Kebanyakan konten tersebut dibuat sudah lama dan kurang up to date. Sama seperti media sosial
yang lainnya, kanal Youtube ini di kelola sendiri oleh Jharna dan berisikan
konten pribadinya sebagai beauty influencer dan dapat dikatakan kanal Youtube
ini termasuk owned media. Youtube ini juga memiliki salah satu konten review
produk dari NYX Cosmetic. Konten tersebut membuat kepemilikan media berubah menjadi earn media sebab
terdapat review produk dari pembuat konten dan penjelasan mengenai produk
tersebut.
Media
terakhir yang digunakan adalah Twitter. Twitter Jharna memiliki 39.700
followers. Dibandingkan dengan ketiga media sosial yang lain, Twitter memiliki
followers paling sedikit. Konten-konten yang diupload di Twitter lebih banyak
mengenai kehidupan pribadi Jharna dan ada beberapa konten video make up yang
ada pada Instagram dan TikTok. Jharna lebih banyak menggunakan Twitter untuk
mengungkapkan yang ada pada benaknya dan konten yang dibuatnya sendiri. Dalam mengunggah konten maupun tweet
dilakukan oleh Jharna sendiri selain itu kontennya mengatasnamakan pribadi
sehingga kepemilikan medianya disebut dengan owned media.
Dari
keempat media sosial yang dipergunakan, Instagram dan TikTok
menjadi media yang paling efektif untuk konten-konten Jharna Bhagwani ini sebab
memiliki followers yang cukup banyak sehingga memiliki jangkauan yang luas dan
sesuai dengan target dari konten-kontennya yaitu perempuan dan kemungkinan yang
menyukai make up. Kedua media sosial tersebut memiliki fitur untuk mengupload video
berdurasi 15 detik hingga 1 menit sehingga pas dengan konten-konten yang sering
di upload yaitu video make up dengan durasi singkat. Selain itu pada Instagram
dan TikTok ini, Jharna bisa langsung mendapatkan feedback dari followers-nya
terkait konten-kontennya dan berinteraksi dengan followers-nya. Pada kedua media
sosial tersebut, Jharna lebih bisa mengekspresikan dirinya melalui
konten-konten yang dibuatnya dan menyampaikan pesan yang ada pada konten
tersebut.
Komentar
Posting Komentar